Selasa, 23 Mei 2017

BERITA HOAX SEBAGAI SALAH SATU DAMPAK SOSIAL PENGGUNAAN TEKNOLOGI


ASSALAMUALAIKUM WR WB
Di jaman teknologi yang sudah maju ini hampir semua spek dalam kehidupan sudah memanfaatkan teknologi,dank arena itu manusia selalu berlomba lomba untuk memperbarui teknologi supaya menjadi lebih canggih lagi ,sehingga teknolog maju dengan begitu pesatnya sampai sampai tidak bisa dibendung,mungkin di suatu hari nanti teknologi yang akan menguasai manusia.



Sebagai contoh dari kemajuan teknologi adalah semakin mudahnya kita mendapatkan informasi entah itu dari internet ,tv,dll.sehingga kita dapat leluasa mencari informasi dimanapun dan kapanpun(ketentuan berlaku jika mempunya hp dan  ada koneksi internet),sangking gampangnya kita memperoleh informasi kita tidak tau apakah informasi itu benar atau tidak atau berita itu termasuk berita hoax,apakah itu berita hoax ???

Akhir akhir ini dunia sering digemparkan oleh beberapa berita yang cukup mengagetkan ,namun setelah dibuktikan kebenarannya tidak terbukti,nah inilah yang disebut berita hoax,nah berita hoax sendiri adalah berita yang tidak jelas kebenarannya,dan biasanya juga berita ini sengaja disebarkan untuk sensasi belaka dan hanya untuk menggemparkan ,beberapa berita hoax diantaranya sebagai berikut :

1. Foto Dinosaurus Ness

Cerita hoax ini ditulis oleh seorang fotographer yang sangat pintar dalam mengedit foto, karena foto yang baru-baru saja diambil membuat heboh seluruh dunia dan ingin membuktikan apa benar di dunia saat ini masih ada seekor dinosaurus yang sangat besar seperti hasil foto diatas?

Ternyata foto tersebut hanya editan semata sang fotographer, dan ternyata itu hanyalah sebuah patung besar yang memang sengaja dibuat terendam di sebuah danau dan terlihat seperti seekor dinosaurus yang sedang menikmati dinginya air danau.

2. Tertangkap peri cantik
Peri cantik? Siapa yang tidak ingin mellihatnya, disamping wajahnya yang cantik dan bisa terbang juga dapat memberikan kita hal yang kita inginkan pasti membuat kita ingin jumpa dengan peri cantik tersebut.
Ternyata hal ini adalah hasil foto yang menggunakan aplikasi photosop, dimana pada gambar dibawah ini, terlihat beberapa peri yang tertangkap kamera akan tetapi hal ini adalah hasil editan, mungkin hanya menghibur kita semata.

3. Monster Bigfoot yang telah Beku
WOW.... ada monster yang beku? Mungkin kita sangat takut jika bertemu seekor monster, benar atau tidak? Akan tetapi hal konyol pun terjadi, dimana di USA ada seorang penjual boneka yang sedang berfoto dengan boneka yang besar dan terlihat sedang tidur dan boneka tersebut di beku kan.




 Sunggu ide yang kreatif dan membuat banyak orang bahkan hampir seluruh dunia mengetahui salah satu monster ini, kenapa bisa ditemukan oleh seorang penjual boneka dan berfoto ceria bersama monster besar dan kejam tersebut.

4. Alien yang di otopsi


Kisah bohong ini terjadi pada tahun 1947 silam, dimana terdapat seorang dokter yang sedang otopsi alien dan disebarkan ke media sosial sehingga membuat banyak orang penasaran dan ingin mengetahui apa benar terdapat alien yang datang ke bumi.

sumber dari: http://hoaxhabis.blogspot.co.id/2016/03/cerita-hoax-menghebohkan-dunia.html

Dari keempat cerita hoax tersebut, membuat banyak orang bertanya-tanya dan bingung dengan cerita tersebut, bahkan ada para ahli yang mencari tahu kebenarannya untuk membuktikan kebanyak orang akan keberadaan makhluk-makhluk tersebut.

Dari contoh diatas berita hoax adalah saah satu dampak social penggunaak teknologi semakin maju dan pesatnya kemajuan teknologi kita menjadi semakin mudah mencari informasi ataupun juga mengunggah berit atau suatu informasi,namun di tangan pihak yang tak bertanggug jawab teknologi dimanfaatkan untuk menyebar berita atau informasi yang tidak terbukti kebenarannya ,untuk menggemparkan dunia,atau juga untuk mengubah pola piker manusia ,agar percaya dengan cerita cerita yang dibuat oleh penyebar berita hoax atau ini disebut pendoktrinan ilmu pengetahuan,seperti misalnya teori evolusi yang mengatakan manusia berasal dari kera ,namun untuk agama islam jelas dikatakan manusia pertama di bumi adalah nabi adam AS ,jadi untuk mengubah pola piker manusia para penyebar berita hoax membuat cerita yang seolah olah benar tapi kenyatannya semua itu salah
,contoh yang lain adalah bumi bulat ,adanya ALIEN ,itu semua belun terbukti dan sampai sekarang masih menjadi tanda Tanya besar dan menjadi misteri dunia,

Berikut cuplikan video dari konspiraso dunia

1. hoax moonlanding

2. konspirasi bumi datar atau bulat
nah untuk berita diatas belum terbukti kebenarannya dan saya hanya posting ini karena saya pernah melihat video video diatas di you tube,jadi kebenaran berita diatas masih menjadi sebuah misteri dan termasuk dalam berita hoax.


untuk pembaca yang beragama islam saya mohon pertebal keimanan ,perkuat tiang agama dengan shalat tepat waktu,agar terhindar dari fitnah akhir zaman yang sudah merajalela,naudzubillah hi mindzalikk,demikian postingan dari saya semiga bermanfaat,WASSALAUALAIKUM WR WB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ANT COLONY

Pengertian Algoritma ACO (Ant Colony Optimization) adalah salah satu algoritma yang digunakan untuk pencarian jalur. Contoh yang dibahas ...